Alat Kesehatan Untuk Perawat

Alat Kesehatan Untuk Perawat – Perawat merupakan salah satu tenaga medis yang ada di klinik atau rumah sakit. Sebagai seorang tenaga medis, perawat tentu dibekali dengan kemampuan penggunaan alat kesehatan karena perawat bertugas untuk merawat orang sakit. Apa saja alat kesehatan yang biasanya digunakan oleh perawat ? Artikel ini selengkapnya akan membahas topic tentang alat kesehatan untuk perawat.

Sahabat blog kesehatan dimanapun anda berada, kami harap anda dalam keadaan sehat dan selalu semangat untuk menjalani aktifitas keseharian anda. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai ragam alat kesehatan yang digunakan atau yang biasanya digunakan oleh perawat di rumah sakit. Namun sebelumnya, seperti biasa kita bahas dulu dasarnya, yaitu pengertian alat kesehatan, fungsi dan jenisnya.

Apa definisi alat kesehatan menurut teman – teman ? Ya, alat kesehata didefinisikan sebagai instrument, apparatus, mesin, implant yang tidak mengandung obat yang berfungsi untuk mencegah, mendiagnosis, menyembuhkan dan meringankan penyakit, merawat orang sakit serta memulihkan kesehatan pada manusia dan atau untuk membentuk struktur dan memperbaiki fungsi tubuh.

Demikian tadi definisi alat kesehatan lengkap yang dirujuk dari undang – undang republic Indonesia no. 23 tahun 1992. Dan dari definisi tersebut kita juga mengetahui beberapa fungsi alat kesehatan diantaranya untuk mencegah dan mendiagnosis penyakit, untuk menyembuhkan dan meringankan penyakit. Membentuk struktur dan memperbaiki fungsi tubuh serta untuk memulihkan kesehatan.

Dengan demikian kita telah tahu apa yang dimaksud dengan alat kesehatan dan fungsi alat kesehatan secara umum. Sekarang kita masuk pada topic jenis alat kesehatan dan penggunanya.

Ada banyak sekali alat kesehatan di dunia ini. Namun kita dapat mengelompokanya menjadi beberapa jenis. Biasanya alat kesehatan dikelompokan menjadi 3 jenis. Alat kesehatan elektromedik,  non elektromedik dan diagnostic in vitro. Semua jenis alat kesehatan tersebut mempunyai fungsi masing – masing.

Kemudian untuk petugas medis tidak semua bisa menggunakan alat kesehatan yang sama, antara perawat dan dokter serta bidan pasti berbeda walaupun pada dasarnya sama. Nah sekarang kita fokuskan saja pada pokok pembahasan kita yaitu alat kesehatan untuk perawat.

Namun sebelumnya sedikit kita perlu tahu apa saja tugas dari perawat di rumah sakit. Tugas seorang perawat ada banyak sekali, namun dapat kita rincikan sebagai berikut :

Memberikan pelayanan keperawatan pada indifidu, keluarga, kelompok atau masyarakat sesuai dengan permasalahan mereka

Membantu pasien untuk peningkatan kesehatan dan upaya menghilangkan penyakit yang diderita

Memberikan pelayanan berupa tindakan yang bersifat spontan untuk membantu kesembuhan pasien

Dan masih banyak lagi yang lainya sobat dapat mencarinya sendiri. Pada intinya tugas perawat ya seperti yang kita lihat dan saksikan langsung di lapangan. Mereka ada yang bertugas melakukan pengecekan kondisi fisik dan memberikan obat atau suntikan dan sebagainya.

Begitulah tugas yang dilakukan oleh perawat di sebuah pusat layanan kesehatan. Nah kita sering melihat seorang perawat membawa stetoskop, alat suntik, tensimeter dan alat infus untuk melakukan tindakan medis terhadap pasien. Kita akan membahas alat – alat kesehatan yang biasanya digunakan oleh perawat untuk melakukan tindakan medis terhadap pasien.

Alat Kesehatan Untuk Perawat

Penulis akan menyebutkan beberapa alat kesehatan yang biasanya digunakan oleh perawat dalam melakukan tugasnya.

Tensimeter

Kalo anda pernah melakukan pemeriksaan ke klinik atau rumah sakit, pertama sekali anda akan menjalani pemeriksaan tekanan darah yang dilakukan oleh salah satu perawat.  Perawat memeriksa tekanan darah pasien dengan menggunakan tensimeter.

Alat kesehatan pertama yang biasa dipakai oleh perawat adalah tensimeter. Alat ini berfungsi untuk mengukur tekanan darah pasien. Tensimeter yang biasanya dipakai di rumah sakit adalah tensimeter air raksa. Hal ini karena akurasi yang dimiliki cukup tinggi.

Terkadang pengecekan tekanan darah dengan tensimeter langsung dilakukan oleh dokter pemeriksa seperti dilakukan di tempat dokter praktek. Untuk saat ini di puskesmas atau di klinik dan rumah sakit pemeriksaan tekanan darah dilakukan oleh perawat.

Alat Infus

Ketika anda datang ke rumah sakit dalam kondisi kritis dan membutuhkan pertolongan segera, biasanya suster akan memasang perangkat infus. Alat infus ini digunakan untuk memberikan suplay cairan ke dalam tubuh pasien.

Alat infus ini dipasng dan dilakukan penggantian oleh suster atau perawat yang bertugas. Perawat juga yang nantinya bertugas melepas alat infus ketika pasien diperbolehkan meninggalkan rumah sakit.

Alat Suntik

Ketika pasien dirawat di rumah sakit, obat yang diberikan tidak hanya berupa tablet atau yang sifatnya oral. Namun ada juga yang diberikan dengan dosis suntik. Nah biasanya tugas ini juga dilakukan oleh perawat.

Alat suntik ini merupakan alat kesehatan yang digunakan hanya sekali saja. Atau dalam istilah medis disebut dengan alat disposable. Prosedur penggunaan alat suntik pun telah diatur dan tidak bisa sembarangan orang menggunakanya.

Suster atau perawat juga telah berkonsultasi atau direkomendasikan oleh dokter untuk melakukan tindakan tersebut.

Termometer

Pengukuran suhu sama dengan pengukuran tekanan darah. Ini juga dilakukan oleh perawat. Biasanya perawat melakukan pengukuran suhu bersamaan dengan pengukuran tekanan.

Jadwal untuk pengecekan dilakukan pagi dan sore. Bersama dengan dokter melakukan pemeriksaan kondisi pasien dan bagaimana progresnya. Apakah membaik atau sebaliknya.

Perlu diketahui bahwa yang telah penulis sebutkan diatas adalah tugas atau alat – alat kesehatan yang digunakan secara umum. Artinya semua perawat memiliki kemampuan untuk itu. Namun ada beberapa perawat yang bertugas di ruangan tertentu, maka selain alat tersebut perawat ini mempunyai kemampuan untuk menggunakan alat kesehatan tertentu seperti pasien monitor dan sejenisnya.

Begitu juga perawat yang bertugas di ruangan lainya. Mereka juga memiliki tugas yang berbeda dan menggunakan alat kesehatan yang berbeda juga dengan lainya.

Sahabat blog kesehatan dimanapun anda berada, masih banyak sekali alat kesehtan yang digunakan oleh perawat. Bahkan stetoskop yang biasanya kita lihat digunakan oleh dokter, perawat pun bisa mnggunakanya untuk memeriksa pasien.

Oh ya, bagi teman – teman semua yang membutuhkan informasi distributor alat kesehatan, atau perusahaan yang mensuport pengadaan alat – alat kesehatan skala besar silahkan kunjungi www.gloryamedica.com. Distributor alat kesehatan resmi yang melayani pengadaan ke seluruh wilayah Indonesia.

Mungkin sampai sini saja ulasan singkat tentang alat kesehatan untuk perawat. Mudah-mudahan dapat menambah sedikit wawasan untuk sahabat semuanya. Nantikan artikel lainya dari blog ini tentang informasi seputar tips kesehatan dan keperawatan. Selamat beraktifitas semoga sukses dan sehat selalu.

 

 

 

 

Top